RSS

Tips Kesehatan Ketika Berwisata

15 Jan

Tips Kesehatan Ketika Berwisata – Saat berwisata, kita kerap mengabaikan kesehatan dengan memakan segala makanan yang ditemui saat berjalan-jalan di suatu Negara atau kota baru. Hati-hati, salah makan bias menyebabkan keracunan makanan. Bagaimana menghindarinya? Simak tipsnya berikut ini, seperti dikutip dari Globalgrasshopper, Minggu (15/01/2012):

Meminum air keran
Terutama bila Anda berwisata ke negara-negara Asia, yang tidak semua air kerannya sudah steril dan bersih dari segala bakteri. Bahkan di negara-negara maju pun, tetaplah berhati-hati saat meminum air langsung dari keran. Lebih aman membeli minum air kemasan yang terpercaya.

Cari hotel dari rekomendasi
Jangan sembarangan memilih hotel, ataupun restoran karena harganya yang murah. Pilihlah tempat-tempat tersebut karena rekomendasi. Untuk restoran, lihat benar-benar kebersihan restoran yang Anda tuju. Bila tidak yakin, sebaiknya pilih restoran cepat saji yang sudah terkenal.

Mintalah makanan yang masih panas/hangat
Yang paling penting adalah hanya memakan makanan yang panas atau dimasak dengan baik, karena sudah pasti makanan yang dimasak itu sudah tidak memiliki lagi bakteri-bakteri. Hindari meminum minuman yang menggunakan es, karena Anda tidak tahu bukan, es tersebut dibuat dari air yang bersih atau tidak?

Hindari makanan pinggir jalan
Memang, makanan tradisional setempat biasanya hanya dijual di pinggir-pinggir jalan. Sebelum membeli, lhat dulu keadaan sekitar, bagaimana mereka mencuci piring dan apakah ada lalat di sekitar tempat makan tersebut. Bila iya, sebaiknya ditinggalkan saja demi kesehatan.

Selalu bawa makanan penawar
Selalu bawa sekotak coklat, almond, dan beberapa buah seperti apel, jeruk, dan pisang. makanan ini dapat digunakan sebagai penawar pertama jika Anda keracunan makanan. Jangan lupa juga bawa selalu air mineral kemasan yang bersih, untuk saat-saat darurat.

sumber: travel.okezone.com/read/2012/01/14/407/557242/tips-menghindari-keracunan-makanan-saat-berwisata

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 15/01/2012 in kesehatan

 

Tag: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: